Sejarah Asal Usul Sepeda Motor
Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler tahun
1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah
sepeda kayu yang dia desain sendiri.
Sepeda tersebut memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda
pada sepeda anak-anak).
Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia
mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan
mendekati 10Kpj.
Beberapa model sepeda motor kemudian di perkenalkan di Jerman, Perancis dan
Inggris dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya sebagai alat
transportasi.
Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William
Harley membuat motor Harley-Davidson yang pertama.
Setahun kemudian mereka mulai memproduksi sepeda motor untuk di jual. Tahun
1909 Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua
silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”.
Mesin tersebut memiliki suara yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak
lama mesin tersebut menjadi mesin Amerika klasik.
Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepeda motor modern mulai terbentuk.
Bentuk tersebut meliputi peletakan mesin di antara roda depan dan belakang dan
sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.
Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai sarana transportasi yang
tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, mampu mengurangi beban jalan raya dan
mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran.
Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.
Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepeda motor di Amerika utara di produksi oleh
Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms
Company (BSA), Norton, dan Triumph.
Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan
Yamaha, mulai memperkenalkan sepeda motor dengan pengembangan pada mesin dan
suspensi dan mereka mampu bersaing dengan produsen motor yang sudak lebih dulu
ada. Kelak, sepeda motor dengan mesin 4 langkah 750 sampai 1200 cc yang
bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar sepeda motor jalan raya,
sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500 akan menguasai pasar
sepeda motor off-road.
Diambil dari clubbing Kapanlagi.com
0 Response to "Sejarah Asal Usul Sepeda Motor"